Senin, 21 Maret 2011

Erotis dan Tragis

Sudah beberapa lama hamparan ini tak terjamah,blog ini terabaikan ,tersisihkan oleh blog yang lebih pribadi (Huruf A), kini saatnya memulai lagi.

Berawal pada suatu malam saat penulis dan beberapa kawan sepakat untuk berkumpul di sebuah rumah mungil tempat kediaman salah satu kawan,,,pertemuan yang disengaja ini mengawali sebuah penampakan wajah budaya yang dulunya terabaikan dari pemikiran kami, berawal dari tontonan yang kami pilih,,,kami yang lagi haus hiburan,akhirnya membuka layar komputer dan membawa file yang ada dalam hardisc keruang pandang dan dengar kami bertujuh, menyaksikan hiburan musik dangdut, tepatnya sebuah pertunjukan orkes dangdut...


Pertujukan ini berupa sajian dari sebuah orkes musik dangdut dan penampilan-penampilan dari penyanyinya.

"Apakah kami berhasil terhibur?", dan jawabannya adalah "iya" ,tapi tidak hiburan saja yang kami dapatkan,ada sebuah penampakan yang penulis katakan tadi..

Di panggung pertunjukan musik itu ada Pemain Musik,MC Pertunjukan,beberapa Aparat Keamanan, dan pemeran utama dari pertunjukan ini yaitu Penyanyi tentunnya.

Dalam pertunjukan dangdut ini penyanyi yang berkostum minim ini melakukan gerakan-gerakan tari (joged) yang atraktif dan interaktif didepan penonton, pertunjukkan ini cukup membuat penonton terhibur.gerakan-gerakan di sekitar pinggul sebagai bumbu penyedap dari pertunjukan,yang akhirnya tidak lagi menjadi sesuatu yang sekunder tapi menjadi yang utama, karena bagaimanapun suara sang penyanyi tidak terlalu di perhatikan ,sebaliknya yang menjadi daya tarik penonton adalah beat-beat musik dan goyangan di sekitar pinggul serta desahan desahan.

Joged dangdut dalam kancah pertunjukan itu lebih terlihat sebagai sesuatu yang erotis daripada sesuatu yang estetis.

Erotisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 1992) didefinisikan sebagai keadaan bangkitnya nafsu birahi. Gerakan -gerakan joged dangdut apabila kita lihat di pertunjukan dan panggung baik yang di kampung-kampung hingga di studio televisi,memang menampakan gerakan yang erotis karena gerakannya menggugah nafsu birahi penontonnya.

Semakin atraktif dan interaktif maka semakin menghibur penonton,atraktif disini berarti melakukan gerakan atau goyangan yang cukup nyata di sebut gerakan yang mengundang birahi. bagaimana tidak!!, penyanyi dengan pakaian minim meliukkan pinggulnya ke depan dan belakang,kadang melakukan gerakan layaknya penari striptease sambil memegang tiang panggung,dan banyak lagi gerakan yang kadang tidak sesuai beat yang tujuannya membuat penonton bereaksi.

Melihat kondisi di bawah panggung laki-laki dewasa,remaja hingga anak-anak berkumpul bersama menikmati tontonan ini.



Catatan
ketik dangdut di search box youtube.com anda dapat melihat penampakan yang meresahkan yang dilihat penulis

2 komentar:

  1. O, tidaaaaaak aku rasanya sudah tobat dari masa kelas 1 SMP ga liat2 lagi pertunjukan dangdut. Hehe. kalau ada di kampungku biasnaya di Stop lho yang terlalu erotis.

    BalasHapus
  2. iya mas ,,,kalo sepakat satu kampung begitu enak mas,,,:D

    BalasHapus