Jumat, 16 Desember 2011

Dipermainkan dan Mempermainkan Isu


Dentang denting ukelele dan suara berat Edddy Vedder bersamaku di dini hari basah ini.


Seorang teman lama datang berkunjung ke rumahku,ia menceritkan bahwa atasannya membaca berkas laporan hasil kerjanya dan memarahinya atas kesalahan yang sepele yang ia perbuat,dia juga akhirnya marah dan mempertanyakan alasan mengapa mempermasalahkan hal sepele hingga jadi konflik,apakah hanya karena butuh memperlihatkan kepada teman-temannya bahwa semua harus berjalan baik dan ada punishment apabila tidak terlaksana.. Sang atasan diam hanya tersenyum menyetujui pernyataan dan pertanyaan temanku tadi.

Era globalisasi informasi dan komunikasi yang dirasakan sebagian masyarakat dunia saat ini sungguh memberi warna, interaksi yang datang  selalu berawal dari komunikasi dan kini telah hal ini terbangun tanpa jarak,tak ada batas ruang, semua punya kemungkinan yang lebih mudah.

Koneksi internet telah membawa pengaruh besar terhadap akses informasi dan komunikasi, setiap indra para pengguna internet di mungkinkan untuk menyentuh secara luas apa yang di kehendakinya, minat terhadap sesuatu sekarang lebih mudah terpuaskan dalam dunia cyber yang kaya raya akan informasi ini. Para seniman,politikus,pengusaha,ulama,teknokrat,filsuf,relawan,olahragawan,hingga para kriminal berkeliaran disini yang membuat dunia maya ini benar-benar kaya raya akan warna..

Masalah-maslah dan isu-isu dunia semakin mudah ditemukan (di akses) melalui koneksi internet yang super luas ini, beberapa isu menjadi sesuatu yang informatif dan interaktif.karena semua punya akses untuk tahu,memikirkan dan bersikap, dari masalah yang muncul akibat bencana alam sampai masalah yang dimunculkan untuk kepentingan tertentu.

Dalam salah satu study politik sebuah konflik dapat menjadi sebuah potensi apabila bisa di kelola dengan baik dan diarahkan untuk tujuan, bahkan pengelolan isu dan merumuskan cara yang reliable(bisa diterapkan dalam situasi yang berbeda) telah di pelajari sejak lama di dunia politik dan bernama managemen konflik,dan ini adalah ilmu yang penting selain ilmu hukum dan ilmu ketatanegaraan.

Isu dan konflik sangat dibutuhkan dalam amunisi politik,karena dengan adanya isu kita akan melihat sebuah bentuk sikap,isu-isu yang berhembus seringkali isu yang muncul di masyarakat,ya isu punya potensi konflik bila diarahkan dan dikelola dengan efektif akan punya manfaat terhadap sebuah tujuan (baca:kepentingan).

Berbagai macam persoalan yang muncul adalah sebuah bentuk informasi, yang merupakan sebuah suplement indra

propagrafis
Isu-isu yang telah malang melintang dan bergentayangan di Dunia cyber yang wilayahnya bahkan lebih luas dari negara manapun,dan ini semakin riuh ada masalah yang masih jadi misteri yang akhirnya muncul dan di kaji melalu beragam teori,dan  ragam olah penalaran dan rasionalisasi ini telah menyuburkan banyak isu-isu..

Dalam ilmu logika kebenaran adalah persesuaian antara pemikiran dengan kenyataan, dan inilah menjadi dasar bagaimana setiap orang belajar melihat hal yang benar dengan benar, sebuah isu menjadi sesuatu yang benar ada atau kebenaran yang terjadi adalah ketika pola pikir manusia sudah terarah melihat adanya persesuaian tersebut.

Misalkan saja kita membuat isu mengada-ada mengenai penampakan makhluk luar angkasa dengan di topang bukti yang juga di ada-adakan atau memnfaatkan sesuatu yang bisa di rekayasa menjadi bukti, maka tak lama banyak pro dan kontra tentang perihal yang terjadi,dan tak lama pula ada yang coba mencari jalan tengah tanpa menyalahkan dan membenarkan,isu ini mungkin bisa jadi bertahan untuk waktu yang lama,dan internet adalah lahan subur tumbuhnya isu-isu itu,bahkan kita bisa di buat lelah untuk berpihak dimana, kanan,kiri ataupun di tengah.

Di dunia nyata isu-isu yang di munculkan butuh usaha yang lebih keras,butuh moment yang menguatkan,butuh keadaan sebagai bukti konkrit,seperti isu-isu agama,perlu adanya konflik karena beda kepercayaan agar kita tertarik melihat masuk kedalam.

Dalam memandang sebuah isu-isu yang beredar baik isu politik,etnis,agama sampai suporter bola,kita butuh logis dan punya prioritas,terlalu sibuk berfikir dan menanggapi isu yang kadang secara indra kita tak bisa menyentuhnya malah membuat kita tidak peka dengan sekitar kita.

Untuk membuat hidup menjadi baik-baik saja mungkin kita perlu waspada karena ini adalah usaha memprediksi kemungkinan,namun butuh cara untuk membuat kondisi yang baik-baik saja ini menjadi mungkin.

Teori konspirasi butuh kita ketahui untuk mewaspadai tapi ada yang sangat butuh kita kuasai yaitu teori konklusi.






1 komentar:

  1. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Hargailah hari kemarin,mimpikanlah hari esok, tetapi hiduplah untuk hari ini.,
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus